1. Cek harga pasaran
2. Cek nomor rangka dan mesin motor.
Untuk
masyarakat yang berada di jajaran Polda Metro Jaya silahkan cek nomor
polisi melalui layanan SMS layanan Polisi. Contoh : Metro B8118HJ Kirim
ke 1717 sedangkan untuk yang berada di wilayah Jajaran Polda Jawa Timur,
silahkan ketik : JATIM L4444LY kirim ke 1717.
3. Cek kondisi fisik
Periksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah semua parts masih orisinil atau tidak.
4. Cek kondisi oli motor
Usahakan
buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak
berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi
lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin
berbunyi kasar atau berisik.
5. Cek speedometer
Pastikan
agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat berapa km
yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka
dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera
diganti.
6. Hidupkan mesin motor
Coba
hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam.
Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada
putaran kurang lebih 1500 rpm.
7. Cek perpindahan gigi
Jalankan
kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit
atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor
tersebut akan segera habis. Kemudian jika terdengar suara mendesir pada
saat motor berjalan, Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut
akan segera habis.
8. Cek rangka atau sasis motor
Perhatikan
kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau
sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40 km/jam
dan tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit
dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros
setang atau setir.
9. Cek kebocoran
Usahakan
mencoba motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih
sekitar 500 meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor
melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang
menggunakan radiator.
10. Cek kondisi kelistrikan
Periksa
juga kelistrikan dan lampu-lampu, apabila semua berfungsi atau hidup,
berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak
ada permasalahan.
11. Cek kondisi roda
Lakukan
pengecekan terhadap kondisi roda, kelurusan antara roda depan dengan
roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak
membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa
menyebabkan kebengkokan pada sasis.
12. Kalau bisa cobalah test ride
Mintalah
kepada si penjual agar bisa mencoba mengendarai motor tersebut dengan
begitu kita bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak
pada handling atau pada akselerasinya, dll.
sumber : http://oto.detik.com/read/2012/10/30/165828/2076586/1214/12-tips-membeli-motor-bekas-dari-polisi
12 Tips Membeli Motor Bekas dari Polisi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar