Blogger templates

My Angel Detha V Soplanit

BAB IV

4 PEMUDA DAN SOSIALISASI

1. INTERNALISASI BELAJAR DAN SPESIALISASI
1.1 REMAJA
  • Adalah masa transisi secara psikologis dan sangat problematis, dan pada masa ini memungkinkan mereka berada dalam anomi (keadaan tanpa norma dan hukum).
  • Adalah kelompok yang mudah dipengaruhi oleh media masa, apapun bentuknya, karena emosinya yang masih labil.
  • Adalah sebagai individu dan masa pancaroba yang mempunyai penilaian yang belum mendalam terhadap norma, etika, dan agama.

1.2 ANOMI REMAJA
  • Menurut Enoch Markum : Muncul akibat keanekaragaman dan kekaburan norma.
  • Masyarakat yang diharapkan mampu memberi jawaban,  juga berada dalam keadaan transisi. 
  • Dan dalam keadaan bingung ini mereka mencari pegangan norma yang lain yang memberikan mereka kesempatan untuk menyimpang

1.3 ORIENTASI MENDUA
  • Menurut Dr. Male : adalah orientasi yang bertumpu pada harapan orang tua, masyarakat sering bertentangan dengan keterikatan serta loyalitas terhadap peer (teman sebaya).
  • Menyebabkan mereka melahap semua informasi tanpa menyeleksinya terlebih dahulu.
  • Dan dalam keadaan bimbang menyebabkan mereka mencoba untuk bunuh diri.

1.4 PERAN MEDIA MASSA
  • Untuk memenuhi keinginan dan menyatakan identitas diri.
  • Untuk membuktikan bahwa mereka bisa lepas dari orang tua.
  • Memenuhi kebutuhan untuk memperoleh aksesbilitas di tengah sesama remaja.

2. PEMUDA DAN IDENTITAS
  • Pemuda adalah suatu generasi yag dipundaknya terbebani bermacam-macam harapan.
  • Mempunyai masalah-masalah yang bervariasi.
  • Terdapat proses sosialisasi generasi muda.
  • Mempunyai banyak potensi positif yang dapat dikembangkan.

2.1 Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan generasi Muda
Berdasarkan :
A. Landasan Idiil
Ø  Pancasila.
B. Landasan Konstitusional
Ø  UUD 1945.
C. Landasan Strategis
Ø  Garis Besar Haluan Negara.
D. Landasan Historis
Ø  Sumpah Pemuda tahu 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan.
E. Landasan Normatif
Ø  Etika, tata nilai, dan tradisi leluhur.

2.2 Masalah Potensi Generasi Muda
  • Menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme.
  • Kurang pastinya masa depan yang akan dihadapi.
  • Belum seimbangnya generasi pemuda dengan jumlah fasilitas pendidikan.
  • Kurangya lapangan pekerjaan.
  • Kurangnya gizi.
  • Banyak perkawinan dibawah umur.
  • Pergaulan bebas.
  • Meningkatnya kenakalan remaja.
  • Belum adanya peraturan tentang generasi muda
2.3 POTENSI GENERASI MUDA
  • Idealisme dan daya kritis.
  • Dinamika dan kreatifitas.
  • Keberanian mengambil resiko.
  • Optimis dan kegairahan semangat.
  • Sikap kemandirian dan disiplin murni.
  • Terdidik.
  • Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan.
  • Patriotisme dan nasionalisme.
  • Sikap kesatria. 
  • Kemampuan penguasaan ilmu dan teknnologi
2.4 PROSES SOSIALISASI
  • Adalah proses yang membantu individu melalui belajar dan penyesuaian diri.
  • Prosesnya berawal dari keluarga.
  • Akan tercipta cara berfikir dan kebiasaan sosialisasi.
Lembaganya adalah
  •   Keluarga.                                            
  •   Sekolah.
  •   Kelompok sebaya
2.5 TUJUAN SOSIALISASI
·         Agar individu tersebut dapat diberi ilmu pengetahuan.
·         Agar individu tersebut dapat berkomunikasi secara efektif dalam mengembangkan dirinya sendiri.
·         Mengendalikan fungsi-fungsi organik.
·         Dapat bertingkah laku selaras dengan Masyarakat

2.6 MENGEMBANGKAN POTENSI GENERASI MUDA
  • Mengadakan proyek bersama yang melibatkan pemuda (dalam hal ini adalah mahasiswa)
Ø  Yang diadakan oleh M.I.T, Univ. Oregon, Univ. Carnegie Mellon.
  • Lomba karya Ilmiah.
Ø  Diadakan oleh banyak negara.
        Contohnya: Olimpiade Fisika.

3. PERGURUAN DAN PENDIDIKAN
Pentingnya Mengenyam Bangku Pendidikan Tinggi
·         Karena sebagai pemuda harus mampu memiliki pengetahuan yang luas tentang masyarakatnya.
·         Disana pemuda mendapat proses sosialisasi terpanjang.
·         Pemuda dari berbagai etnis dan suku bangsa akan menyatu dalam bentuk akulturasi budaya.
·         Pemuda akan mempunyai pandangan yang lebih luas dan jauh ke depan serta keterampilan berorganisasi.

Sumber


http://ricarnando.blogspot.com/2011/10/isd-bab-4-pemuda-sosialisasi.html

http://superiorinneverland.blogspot.com/2011/10/pemuda-dan-sosialisasi-serta-peran.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger